Analisis Perbedaan
Dari tabel di atas sebenarnya perbedaan mendasar dari
kedua metode pemasaran tersebut adalah media yang digunakan. Jika
pemasaran offline membutuhkan media fisik yang nyata, maka pemasaran
online hanya membutuhkan media di dunia maya seperti situs web. Jika
dilihat dari kelebihannya, maka pemasaran offline cocok bagi anda untuk
melakukan branding produk dan perusahaan anda. Namun hal ini tentunya
membutuhkan dana pemasaran yang besar, karena banyaknya kanal pemasaran
yang harus anda pilih agar brand produk anda dikenal baik oleh
masyarakat. Sebaliknya, pemasaran online tidak membutuhkan dana
pemasaran yang besar karena anda hanya perlu membuat sebuah situs yang
berisi tentang perusahaan dan produk yang anda tawarkan. Namun hal ini
tentunya tidak menjamin branding perusahaan dan produk yang anda lakukan
melalui pemasaran online akan dikenal baik oleh masyarakat. Hal ini
disebabkan karena anda tidak bisa secara langsung mempresentasikan
secara langsung produk anda kepada calon customer. Meskipun anda
memasang video presentasi dan demo di dalam web anda, tetapi calon
customer tidak bisa bertanya secara langsung kepada anda tentang produk
yang anda jual.
Perbedaan pemasaran online dan offline
tentu sangat jelas perbedaannya
dimana pemasaran offline merupakan pemasaran secara langsung atau antara penjual dan calon pembeli bertemu secara tatap muka. sedangkan pemasaran online merupakan pemasaran tidak langsung dengan menggunakan media internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar